Bagian 1 : Install Ionic Framework untuk Membuat Aplikasi Android

Salam. Baik sahabat semuanya, kali ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat aplikasi android menggunakan Ionic Framework. Detail Ionic Framework silakan cek disini https://ionicframework.com/ . Ionic Framework adalah framework yang digunakan untuk membuat aplikasi android, kelebihannya dia lebih mudah dalam pembuatannya karena menggunakan bahasa pemrograman yang sudah familiar seperti html, css & javascript. Tetapi, bila dibandingkan aplikasi native mungkin sedikit agak lebih lambat dalam respon tetapi hal ini semakin tidak terasa karena perkembangan aplikasi berbasis hybrid sudah semakin optimal, disertai juga dengan jenis smartphone saat ini yang memiliki kecepatan yang semakin tinggi.

Baik, langkah awal sebelum kita masuk ke pemrograman membuat aplikasi android berbasis Ionic Framework, maka kita harus masuki tahapan awal yaitu instalasi. Hal ini yang seringkali menghambat para programmer pemula, karena instalasi seringkali gagal sehingga mereka kembali mengurungkan niat mempelajari Ionic Framework.

Berikut adalah langkah-langkah instalasi Ionic Framework di Windows, jangan lupa siapkan koneksi internet yang cepat dan nasi sepiring plus es teh manis ya karena waktu instalasi memakan waktu berjam-jam ^_^ :

  1. Download dan Install jdk. Silakan anda searching di google dengan kata kunci jdk download
    browse-jdk
    Lalu silakan klik java platform
    browse-jdk-2
    Lalu silakan pilih Accept License Agreement, dan download jdk sesuai versi Windows. 
    browse-jdk-3
    Lalu install seperti biasa, tinggal next next next…!! ^_^ . Kalau sudah di install, lalu copy alamat bin jdk. Silakan cari di program files. 
    browse-jdk-4
    Lalu silakan edit Environtment Variables, path-nya. Caranya, buka File Explorer lalu klik kanan pada This PC (untuk Windows 10) atau My Computer (untuk Windows dibawahnya). Lalu pilih Properties
    browse-jdk-5
    Pilih Advanced system settings
    browse-jdk-6
    Lalu akan muncul dialog box System Properties. Klik Environtment Variables
    browse-jdk-7
    Lalu klik Path dan Klik Edit
    browse-jdk-8
    Klik Edit Text
    browse-jdk-9
    Lalu tambahkan titik koma (;), lalu paste bin jdk yang tadi sudah kita copy sebelumnya. 
    browse-jdk-10
    Lalu Klik OK. Alhamdulillah selesai install jdk ^_^ . Lanjut…!!
  2. Download dan Install sdk. Silakan browsing download sdk android. Lalu pilih Download Android Studio and SDK Tools.
    tutorial ionic sdk 1
    Lalu, setelah terbuka scroll ke bawah untuk menemukan Android SDK Tools dari download.cnet.com, silakan klik link, lalu download instalasi SDK. 
    tutorial ionic sdk 2
    tutorial ionic sdk 3
    Setelah di download, silakan install sdk tinggal next next next saja ^_^ . Kalau sudah di install, silakan cari folder tempat instalasi sdk, contoh saya install di C:\sdk . Lalu double klik SDK Manager.
    browse-sdk-13
    Lalu silakan anda centang list sdk yang perlu di install, yaitu Android SDK Tools, Android SDK Platform-tools, Android SDK Build Tools dan versi android yang ingin anda install. Saya memilih install Android 6.0 yang lebih stabil. Lalu klik Install packages
    browse-sdk-14
    browse-sdk-15
    Lalu pilih Accept License dan Install. Proses instalasi tergantung kecepatan internet, pengalaman penulis lebih dari 1 jam, plus koneksi internet stabil dan cepat agar lancar. 
    browse-sdk-16
    Setelah melakukan instalasi, arahkan Environtment Variables ke alamat yang sesuai. Langkahnya mirip dengan setting Path sebelumnya. Tetapi, bukan edit tetapi klik new, lalu Edit System Variable. Masukkan Variable name ANDROID_HOME dan Variable value C:\sdk (sesuaikan dengan letak instalasi sdk). Lalu klik OK.

Baik, sementara instalasi jdk dan sdk dulu ya, nanti dilanjutkan dengan instalasi ant apache, node js dan instalasi di command prompt. Ok, InsyaAllah tunggu ya follow up-nya. Wassalam.

Published by miqbalhanafri

I am a lecturer and researcher at the School of Information Management and Computer Science [STMIK] Bina Sarana Global, Tangerang. I got a Bachelor Degree from IPB University in 2009. Then I continued my study and finished my Master Degree at Budi Luhur University in 2015 with a concentration on Applied Computing Engineering. In 2019, I got a scholarship to continue my Ph.D. degree at Graduate Institute of Digital Learning and Education, National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). My research focuses on image processing, learning engineering, educational technology, e-learning, e-commerce, and agricultural technology. I also loved the online businesses, such as search engine optimization, niche market analyzes, marketing strategy, etc. Muhammad IQbaL Hanafri, S.Pi., M.Kom.

One thought on “Bagian 1 : Install Ionic Framework untuk Membuat Aplikasi Android

Leave a comment