Menggunakan Cloud Storage “Dropbox”

By Chairul Fathoni

Veserevians kali ini akan mengajak teman-teman sekalian untuk menggunakan salah satu media penyimpanan online atau yang biasa dikenal “Cloud Storage”, yang mana memiliki fungsi yang sangat beragam dan menarik. Salah satu media penyimpanan yang akan saya bahas ini namanya “Dropbox”. Yaah, dropbox merupakan media penyimpanan online pertama yang awal namanya bukanlah dropbox. Dengan menggunakan dropbox kita dapat menyimpan file dimanapun dan kapanpun selama masih terkoneksi jaringan internet. Beberapa kelebihan media penyimpanan online Dropbox adalah sebagai berikut :

  • Kapasitas penyimpanan 1,8 GB hingga 2GB.
  • Dapat di akses dimanapun dapat tersinkronisasi dengan gadget ataupun PC kita.
  • Dapat menshare file yang kita kehendaki.
  • Ukuran maksimal file yang kita unggah 200MB.
  • Dapat mengerjakan satu file berkelompok.

Sekarang, bagaimana cara untuk bisa menggunakan fasilitas serta kelebihan
kelebihan dari dropbox? Kita akan bahas satu persatu langkah mendaftar ke media penyimpanan online yang satu ini. Mari kita mulai saja :

  1. Kunjungi website Dropbox
    1. muhammad iqbal hanafri dropbox

  2. Isikan data diri anda, kemudian Daftar

  3. Setelah itu anda telah berhasil mendaftar dan akan mendampatkan option mendownload menu dropbox.
    3. Muhammad iqbal hanafri dropbox
    3.2 muhammad iqbal hanafri dropbox
    3.3 muhammad iqbal hanafri dropbox

  4. Setelah berhasil anda akan diperintahkan untuk menempatkan 1 file di Dropbox.

  5. Anda telah berhasil menginstall menu Dropbox pada PC anda.

  6. Pindahkan file-file yang menurut anda penting ke folder Dropbox.
    6.1 muhammad iqbal hanafri dropbox
    6.2 muhammad iqbal hanafri dropbox

  7. Anda telah menyinkronkan file pertama anda.
    7. muhammad iqbal hanafri dropbox

  8. Tampilan Dropbox pada website.
    8. muhammad iqbal hanafri dropbox

  9. Tampilan Dropbox pada PC.
    9. muhammad iqbal hanafri dropbox

Naah sekarang anda telah memiliki media penyimpanan online Dropbox, anda tidak perlu khawatir kehilangan data2 anda jika storage fisik anda hilang, terkana virus atau apalah. Bahkan jika anda mahasiswa yang sedang ingin persentasi dan lupa membawa Flashdisk anda, anda cukup mengambilnya pada Dropbox dengan catatan anda juga mensave file persentasi anda di Dropbox.

Cukup sekian tulisan Veserevians kali ini, sampai ketemu di tulisan-tulisan yang lain. Wasalamualaikum, semoga bermanfaat……….

Published by miqbalhanafri

I am a lecturer and researcher at the School of Information Management and Computer Science [STMIK] Bina Sarana Global, Tangerang. I got a Bachelor Degree from IPB University in 2009. Then I continued my study and finished my Master Degree at Budi Luhur University in 2015 with a concentration on Applied Computing Engineering. In 2019, I got a scholarship to continue my Ph.D. degree at Graduate Institute of Digital Learning and Education, National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). My research focuses on image processing, learning engineering, educational technology, e-learning, e-commerce, and agricultural technology. I also loved the online businesses, such as search engine optimization, niche market analyzes, marketing strategy, etc. Muhammad IQbaL Hanafri, S.Pi., M.Kom.

Leave a comment