Membuat Citasi Karya Ilmiah dengan Zotero

Salam. Kali ini kita akan mambahas mengenai cara membuat daftar pustaka untuk keperluan karya ilmiah dengan software Zotero. Zotero adalah salah satu software yang cukup banyak penggunanya dan bersifat free alias gratis. Selain Zotero beberapa software untuk citasi atau referensi yang banyak digunakan adalah Mendeley dan Endnote. Berikut adalah grafik penggunaan software citasi terpopuler.

Baik, sekarang kita akan mengulas bagaimana cara menggunakan software citasi Zotero dengan mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Silakan anda berkunjung ke websitenya zotero di https://www.zotero.org/.
    muhammad iqbal hanafri zotero 1
  2. Lalu pilih pilihan “Download Now”. Kemudian akan tampil sebagai berikut.
    muhammad iqbal hanafri zotero 2
  3. Anda bisa memilih ingin menggunakan settingan yang anda sukai. Apabila anda memilih “Zotero for Firefox” maka semua file library untuk citasi ada di browser tersebut, sedangkan apabila anda memilih “Zotero Stand Alone” maka file-file library tersendiri, tidak langsung ada di browser. Baik, untuk kali ini saya akan mencoba untuk settingan “Zotero Standalone”, silakan anda klik “Zotero 4.0 for Windows” (atau OS lainnya akan menyesuaikan secara otomatis) juga klik browser extensions, kebetulan saya menggunakan Chrome. Download dan install semuanya.
  4. Setelah anda download plugin untuk Windows dan extensions untuk browser sesuai yang anda gunakan maka selanjutnya silakan anda restart komputer anda agar bisa digunakan.
  5. Setelah di restart maka anda bisa mencari buku, jurnal dan lainnya untuk dijadikan daftar pustaka atau citasi dalam penelitian anda.
  6. Aktifkan dahulu software zotero anda, cari di menu aplikasi zotero.
    muhammad iqbal hanafri zotero 3
  7. Lalu, setelah di klik aplikasi Zotero akan terbuka.
    muhammad iqbal hanafri zotero 4
  8. Pada sebelah kiri atas ada sebuah gambar folder plus, klik gambar folder tersebut untuk membuat grup citasi atau daftar pustaka. Berikan nama sesuai yang anda inginkan.
    muhammad iqbal hanafri zotero 5
  9. Setelah anda membuat folder anda siap mencari jurnal dan buku secara online untuk dimuat citasinya.
    muhammad iqbal hanafri zotero 6
  10. Misal, kali ini anda ingin mencari jurnal di google scholar, silakan kunjungi link berikut https://scholar.google.co.id/. Masukkan kata kunci penelitian yang ingin anda cari.
    muhammad iqbal hanafri zotero 7
    muhammad iqbal hanafri zotero 8
  11. Setelah keluar hasilnya, cek di alamat browser paling kanan terlihat ada gambar folder, itu menandakan artikel-artikel yang ada pada google scholar ini merupakan suatu grup artikel ilmiah, karena ada banyak artikel yang bisa dipilih. Misalnya kita ingin ambil artikel ilmiah yang ada silakan anda klik folder, nanti akan muncul checklist artikel mana saja yang akan diambil, lalu klik “OK”. Maka semua yang dicentang akan tersimpan dalam library Zotero dengan folder yang sudah kita buat sebelumnya.
    muhammad iqbal hanafri zotero 9
  12. Berikut adalah tampilan di library Zotero setelah artikel kita pilih.
    muhammad iqbal hanafri zotero 10
  13. Ok, saatnya kita buka MS Word untuk implementasinya. Pada MS Word akan terinstall plugins Zotero. Silakan pilih Menu Zotero, lalu pilih “Add/Edit Citation”. 
    muhammad iqbal hanafri zotero 11
  14. Anda bisa memilih tipe format citasi, apakah ingin menggunakan format Elsevier Harvard, IEEE, Chicago dan sebagainya. Misalnya kali ini saya memilih format Elsevier Harvard. Silakan klik “OK”. 
    muhammad iqbal hanafri zotero 12
  15. Masukkan citasi yang sudah ada pada daftar di library Zotero, lalu tekan enter.
    muhammad iqbal hanafri zotero 13
    muhammad iqbal hanafri zotero 14
    muhammad iqbal hanafri zotero 15
  16. Untuk menampilkan daftar pustaka atau sumber tulisan silakan anda pilih di menu Zotero “Insert Bibliography”. Hasilnya adalah sebagai berikut.
    muhammad iqbal hanafri zotero 16
    Baik, demikian tutorial dapat saya share. Adanya aplikasi ini akan memudahkan kita dalam membuat jurnal atau karya tulis ilmiah. Terima kasih dan selamat berkarya. Wassalam.

By Muhammad IQbaL Hanafri

STMIK BINA SARANA GLOBAL

Published by miqbalhanafri

I am a lecturer and researcher at the School of Information Management and Computer Science [STMIK] Bina Sarana Global, Tangerang. I got a Bachelor Degree from IPB University in 2009. Then I continued my study and finished my Master Degree at Budi Luhur University in 2015 with a concentration on Applied Computing Engineering. In 2019, I got a scholarship to continue my Ph.D. degree at Graduate Institute of Digital Learning and Education, National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). My research focuses on image processing, learning engineering, educational technology, e-learning, e-commerce, and agricultural technology. I also loved the online businesses, such as search engine optimization, niche market analyzes, marketing strategy, etc. Muhammad IQbaL Hanafri, S.Pi., M.Kom.

Leave a comment