Pengenalan Image Processing

Kebutuhan dalam hal men-ekstrak informasi dari suatu gambar dan menterjemahkannya adalah salah satu faktor dari adanya perkembangan ilmu pengolahan gambar [image processing] dan computer vision dalam beberapa dekade terakhir.

Aplikasi dari image processing meliputi berbagai hal yang terkait dengan aktivitas manusia, seperti :

  • Aplikasi medis : Diagnostic imaging modalities, PET (positron emission tomography), MRI (magnetic resonance imaging), dan fMRI (functional magnetic resonance imaging), dan lainnya.
  • Aplikasi Industri : Aplikasi image processing sudah dengan baik membantu dalam industri manufaktur pada berbagai bidang, seperti sistem keamanan, quality control, dan control of automated guided vehicles (AGVs)
  • Aplikasi Bidang Militer : Beberapa aplikasi militer telah mengadopsi teknologi image processing, seperti mendeteksi jarak pasukan tentara dan kendararan tempur untuk melakukan serangandan sebagainya. Biasanya teknologi kamera yang digunakan juga cukup canggih, yang menyertakan teknologi kamera infra merah (infrared).
  • Security / keamanan : Pengamanan berbasis teknologi image processing juga sudah tidak asing bagi kita. Penggunakan teknologi biometric atau menggunakan bagian tubuh kita sebagai pengaman, seperti fingerprint, face, iris dan hand recognition).
  • Penggunaan alat elektronik : Kamera digital dan camcorders, dengan kemampuan yang canggih, mampu melakukan render film dengan sangat baik.
  • Internet : Ada banyak sekali gambar-gambar yang beredar di Internet. Kumpulan website pengumpul gambar secara kolaboratif dan video upload, dengan kemampuan sharing, tagging saat ini semakin populer.

DAFTAR PUSTAKA

O. MARQUES, PRACTICAL IMAGE AND VIDEO PROCESSING USING MATLAB, John Wiley & Sons, Florida Atlantic University, 2011.

Published by miqbalhanafri

I am a lecturer and researcher at the School of Information Management and Computer Science [STMIK] Bina Sarana Global, Tangerang. I got a Bachelor Degree from IPB University in 2009. Then I continued my study and finished my Master Degree at Budi Luhur University in 2015 with a concentration on Applied Computing Engineering. In 2019, I got a scholarship to continue my Ph.D. degree at Graduate Institute of Digital Learning and Education, National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). My research focuses on image processing, learning engineering, educational technology, e-learning, e-commerce, and agricultural technology. I also loved the online businesses, such as search engine optimization, niche market analyzes, marketing strategy, etc. Muhammad IQbaL Hanafri, S.Pi., M.Kom.

Leave a comment